Aplikasi Pinjaman Online Ilegal

6 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Cepat dan Langsung Cair 2021

Diposting pada

Adanya platform layanan pinjaman online (pinjol) memang diakui bisa jadi alternatif solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana darurat selain bank atau lembaga penyedia pinjaman konvensional. Pasalnya, proses pengajuan pinjamannya relatif lebih cepat dan bahkan bisa dilakukan lewat aplikasi. Hanya saja, realitanya tak semudah itu. Pasalnya, tak semua aplikasi pinjaman online yang ada di luar sana adalah aplikasi resmi milik perusahaan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Artinya, ada banyak aplikasi pinjaman online ilegal di luar sana yang beroperasi mencari mangsa. Apabila Anda tidak berhati-hati, bisa jadi Anda akan jadi korban berikutnya. Meskipun Satgas Waspada Investasi rutin melakukan sweeping dan merilis daftar pinjol ilegal, sayangnya masih ada banyak aplikasi yang beredar dan bisa di-download, bahkan melalui Play Store yang ada di Android.

Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Cepat dan Langsung Cair

Agar Anda semakin waspada, berikut ini adalah rangkuman 6 aplikasi pinjaman online ilegal yang masih ada di Play Store dan jelas wajib Anda hindari. Apa saja aplikasinya? Ini dia daftarnya!

1. Bangun Dana

Salah satu aplikasi pinjaman online ilegal yang masih beredar di Play Store adalah Bangun Dana yang di-develop oleh husnul khotimah. Dalam deskripsinya, Bangun Dana mengklaim sebagai sebuah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang terdaftar di bawah Kementerian Koperasi dan UMKM Indonesia. Padahal, tak satupun lingkup kerja dan layanan KSP yang berkaitan dengan pinjaman online maupun memberikan pinjaman kepada individu yang bukan anggota koperasi.

Bangun Dana

unduh

Aplikasi ini memiliki rating yang rendah, yaitu hanya 2.8 di Play Store. Dan berdasarkan review, pengguna, banyak yang memberi peringatan untuk tidak men-download aplikasi ini, serta mengeluhkan soal tukang tagihnya.

2. CashWaktu

Aplikasi yang dikembangkan oleh sultan hasan ini juga merupakan salah satu aplikasi pinjol abal-abal yang wajib Anda hindari. Dengan total review 3.6, beberapa pengguna mengeluhkan soal pencurian data dan jumlah cicilan yang tidak realistis.

CashWaktu

unduh

Salah satu pengguna mengeluhkan soal pinjaman sebesar Rp 1 juta, yang harus dikembalikan sebesar Rp 2 juta. Padahal, besar bunga untuk pinjaman online resmi berdasarkan imbauan OJK hanya maksimal 0.8 persen per hari.

3. Dana Now

Aplikasi pinjol ilegal Dana Now Pinjaman uang Tuinai Kredit Dana Cash ini dikembangkan oleh dananow dengan total rating 3.9 di Play Store. Berdasarkan review pengguna, banyak yang mengeluhkan soal cara penagihan yang tidak sopan, serta penagihan yang jauh mendahului tenor pinjaman.

Dana Now

unduh

Apabila Anda cek deskripsi aplikasinya bahkan lebih parah lagi, karena aplikasi pinjaman online ilegal ini hanya menjelaskan “…adalah aplikasi pinjaman online indonesia yang terpercaya, sudah terdaftar dan diawasi oleh KSP.” Padahal, lembaga keuangan non-bank wajib terdaftar di dan diawasi oleh OJK.

4. Duit Go

Aplikasi dengan rating hanya 2.7 di Play Store ini dikembangkan Reno Risnandar dan juga mendeskripsikan dirinya sebagai koperasi simpan pinjam (KSP). Padahal, sekali lagi ditekankan bahwa KSP tidak boleh memberikan pinjaman kepada individu yang bukan anggotanya karena hal ini berlawanan dengan prinsip perkoperasian, apalagi pinjaman online.

Duit Go

unduh

Jadi, segala jenis aplikasi pinjol yang mengaku-aku sebagai KSP ini jelas merupakan aplikasi pinjaman online ilegal dan modusnya adalah membuat dirinya seolah resmi dan diawasi Kementerian Koperasi dan UMKM untuk menipu calon korbannya.

5. Modal Usaha Cepat

Meskipun di dalam deskripsi aplikasi Modal Usaha Cepat – Daftar Pinjam Uang Online yang di-develop sirnagalih studio ini tidak mengklaim sebagai aplikasi pinjol, nyatanya Satgas Waspada Investasi telah memastikan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi pinjaman online ilegal.

Modal Usaha Cepat

unduh

Dengan rating 3.2 di Play Store, tidak ada banyak informasi yang bisa Anda peroleh ketika mencari aplikasi ini di Play Store. Selain itu, review-nya juga sangat minim, yaitu hanya ada enam.

6. Pintu Kaya

Dari deskripsinya saja, Anda sebenarnya bisa langsung menyimpulkan bahwa aplikasi Pintu Kaya ini adalah aplikasi pinjol ilegal. Sebab, email yang digunakan kelihatan jelas kalau bukan email resmi perusahaan lantaran menggunakan @gmail.com. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan Anggi Diana ini juga memiliki review negatif seperti bunga yang terlalu tinggi, penagihan yang tidak sopan, dan pencurian data. Rating yang diperoleh aplikasi ini pun hanya 2.7 di Play Store.

Pintu Kaya

unduh

Sayangnya, selain keenam aplikasi pinjaman online ilegal yang masih ada di Play Store tersebut, masih ada ratusan aplikasi pinjol ilegal lainnya yang bisa di-download lewat platform lain. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dan waspada akan bujuk rayu platform pinjol ilegal dalam segala bentuk.

Baca Juga: Aplikasi Baca Berita Terbaik

Selalu pastikan bahwa platform yang akan Anda gunakan sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan cara mengecek terlebih dahulu daftar pinjol resmi yang bisa Anda akses secara gratis di website OJK (ojk.go.id).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *